Senin, 31 Oktober 2011

Sehat itu Mahal

Sakit itu mahal. Sehat juga mahal.
Merasakan sakit itu ternyata gak segampang menahan rasa kantuk. Menahan rasa sakit itu sepertinya membutuhkan tenaga yang luar biasa kuat. Menahan rasa yang luar biasa gak biasa.
Sakit. Sakit itu gak enak. Sakit itu setengah mati. Sakit itu luar biasa. Sakit juga bisa membunuh. Kenapa kita bisa merasakan sakit?
Banyak faktor-faktor yang bisa mendukung terjadinya sakit. Seperti kurang istirahat, makan yang tidak teratur serta makan makanan yang kurang bergizi. Sistem kekebalan tubuh kita memang sedang menurun, sehingga mengakibatkan tubuh mengalami sakit.


MAAG !
Penyakit langganan bagi siapa saja yang tidak teratur pola makannya serta penyakit langganan anak kost karena susah untuk mengatur sedemikian rupa pola makan yang sehat.

Penyakit Maag adalah penyakit  yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung dan menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Jika kondisi normal, biasanya asam diperlukan untuk membantu pencernaan dan mengolah makanan yang kita konsumsi. Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan bila pola hidup kita tidak teratur dan tidak sehat, misalnya:
- makan yang tidak teratur
- makan makanan yang berminyak dan pedas
- stres yang berlebihan.
Dari ketiga contoh di atas, dapat dibenarkan bahwa saya mengalami hal yang sama.


Selain akibat gangguan asam lambung ada, peran organisme renik yaitu bakteri Helicobacter pylori sebagai penyebab lain dari sakit maag. Bakteri ini mempunyai sifat luar biasa. Jika bakteri lain mati pada suasana asam dalam lambung, Helicobacter pylori mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak.
Kuman Helicobacter pylori dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga menimbulkan peradangan dan luka (ulkus). Akibatnya dinding lambung mengalami luka dan penderita akan merasakan perih di bagian ulu hati. Sungguh tragis.


Untuk yang ke sekian kalinya saya mengalami penyakit ini. Sepertinya ulu hati saya sudah mulai sensitif dengan tingkah pola makan saya yang tidak teratur. 2 hari saja saya makan tidak pada waktu yang tepat, si kuman pasti akan mulai bereaksi untuk menganggu kesehatan saya.
Inilah sekilas obat dan ramuan yang saya konsumsi kemarin saat mengalami sakit ini,

Untuk obat yang pertama, saya minum Mylanta. Obat suspensi yang mengandung Aluminium Hidroksida, Magnesium Hidroksida dan Simetikon.
Siangnya saya minum lagi vitamin c untuk
membantu mencegah terjadinya komplikasi penyakit yang serius serta perlindungan terhadap system kekebalan tubuh.
Malamnya, saya sering mengalami diare karena efek samping umum dari obat Mylanta tersebut, akhirnya saya minum teh panas tanpa gula dengan warna yang merah hampir kehitaman dan gak punya rasa sama sekali.

Begitulah kejadian yang saya alami di hari minggu nan kelabu kemarin. Dan rasanya memang tidak enak kalau mengalami penyakit walaupun hanya di bilang penyakit konyol seperti ini. Dan dampaknya memang tidak segampang yang di bayangkan.
Semoga catatan ini bisa bermanfaat dan berguna kepada teman-teman yang sudah membacanya. Jangan lupa, pelajari lebih dalam lagi tentang penyakit ini biar kalian bisa menjaga pola makan yang teratur dan bisa mencegah terjadinya asam lambung yang berlebihan.
Semoga bermanfaat. :)

2 komentar:

.:diah:. mengatakan...

setujuuuu, sehat itu emang mahal, maka marilah kita menjaga kesehatan kita. Sehat itu pemberian Allah yang dikasih percuma ke kita gak ada dijual di toko tuh sehat, hiikks, moga gak maag lagi ya jenk... saya juga maag:D

anyway, salam knal :)

Rizka Herlina mengatakan...

hehe, iya mumpung sehatnya di kasih gratis yah udah, di gunain sebisa mungkin biar gk pke biaya sakitnya.

oke, salam kenal juga.
jangan bosan kunjungi blog-ku yah, hehehe :D

makasih udah di follow ;)

Posting Komentar

 

Pipi Merah Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates