Pages

Kamis, 08 Agustus 2019

Confused

Hai sobat blogger haha. Belakangan ini aku suka bingung memikirkan apa yang harus kutulis. Ada sih beberapa topik yang sudah ada di draft untuk dibuatkan cerita di sini. Tapi belum waktunya untuk di post. Jadi sejauh ini suka bingung sendiri mau bahas soal apa.

Aku baru balik dari Makassar sekitar 2 minggu lalu. Bukan holiday but something important in my future sih haha. Sumpah sampai detik ini gue bingung mau share cerita ini atau gak. Nanti lah deh, ada waktunya.

Dari Rizka yang kebingungan mau nulis topik apa tapi pengen menulis.

Selasa, 02 Juli 2019

Menyapa Kalian

Hai sobat bloggerku dimanapun kalian berada. Setelah beberapa bulan gak update lagi tulisan di blog karena kesibukanku dan kemageran yang tak kunjung usai, hari ini akhirnya aku bisa update lagi di sini. Apa kabar kalian? Tahun ini aku masih sibuk menyelesaikan ujian akhirku, yaitu ujian kompetensi. Doakan segera lulus, ya, teman-temanku.

Tahun ini aku terlalu banyak melewati pengalaman hidup yang menyenangkan dan menyedihkan hehe. Penasaran? Nanti bakal aku bahas kalau semua urusanku sudah selesai, ya.

Tahun ini, tahun yang banyak mengajarkan arti kesabaran yang besar, keihklasan yang tulus, dan bangkit dari rasa kecewa. Tahun ini memberikan banyak arti kehidupan bagiku, so much. Tuhan itu Maha adil, Dia banyak mengabulkan doaku di tahun ini. Doa yang telah lama kupanjatkan. Doa yang harusnya tidak dikabulkan tahun ini. Tapi ternyata aku lebih yakin bahwa apapun yang kita pinta, cepat atau lambat Tuhan pasti mengabulkan di waktuNya yang tepat. Menyesal? Of course not, certain, Tuhan sebaik-baik pemberi skenario yang paling adil.

Di tahun ini, aku juga banyak belajar mengenai dunia politik. Pengetahuan politik yang masih terlalu awam bagiku. Emang gak ngerti sama sekali, lah, pokoknya haha. Akhirnya, aku memang harus belajar mengenai hal itu karena tuntutan dan kewajiban haha. Gak nyangka, ya? Padahal aku gak suka banget dan benci banget sama politik. Oke, aku gak usah bahas ini, yah, terlalu panjang dan ribet. Pokoknya aku masih harus banyak belajar mengenai politik. Nanti aku bakal share semua cerita yang terjadi di tahun ini setelah urusan ujianku selesai.

Tahun ini, aku juga mempunyai new goals for more defended untuk tetap membaca. Minimal ada buku yang harus aku baca di bulan itu untuk tetap menjaga kosa kata dalam pikiran. It is important and worth it. Karena kalau kita gak membaca, kosa kata kita menjadi minim. Pikiran juga gak terasah untuk memikirkan kalimat per kalimat. Jujur tahun kemarin aku gak baca novel sama sekali karena terlalu sibuk dengan koas. Padahal sebenarnya, sih, di waktu lowong bisa kita gunakan untuk membaca, yang pada akhirnya aku seperti buntu untuk berpikir bahkan untuk bikin caption di instagram haha. Dan baru bulan juni kemarin, aku bertekad untuk harus membaca minimal sebulan ada satu buku, bahkan lebih dari satu sudah sangat menyenangkan bagiku.

Doakan aku biar apa yang kuharapkan setelah bulan juli ini akan terwujud. Aamiin.

-Rizka

Senin, 29 Oktober 2018

Berteman dengan Coas

Gak terasa 3 tahun terlewati dengan begitu cepat. Lama sih, actually haha. Rasanya baru kemarin gue harus memulai masa dimana gue akan bergelut dengan pasien.

Well, untuk seseorang yang baru baca blog ini, gue ialah mahasiswa kedokteran gigi yang sedang menyelesaikan co ass. Itu saja dulu.


Selasa, 02 Februari 2015.
Hari pertama gue memulai kehidupan sebagai mahasiswa co ass di Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Universitas Sam Ratulangi, Manado. Hari pertama memulai kehidupan itu, entah kenapa malam sebelum tidur gue harus nangis dulu, bangun harus nangis dulu, dan sepulang RSGM nangis lagi. Langkah menuju RSGM itu kayak berat banget but you must tho. Badan kayak dipaksa harus melangkah tapi jiwa tuh gak mau haha. Sampai-sampai gue harus pakai eyeliner ke RSGM untuk memanipulasi mata gue yang sembap habis nangis. Saat itu mental gue ada di titik paling rendah. Gue merasa sedih berkepanjangan, gue merasa hidup ini tuh gak adil, bahkan saat itu gue gak tau kapan akan selesai co ass saking gak ada jadwal pasti dengan diri sendiri untuk mengerjakan pasien. Sampai mama pernah bilang untuk pending co ass dulu setahun biar mental gue bakal benar-benar kuat. Tapi gue menolak karena gak mau ketinggalan sama teman-teman se-gelombang gue.
Pikiran gue buntu, gue pengen cari kesenangan tapi itu hanya berlaku beberapa menit kemudian gue akan down lagi setelah memikirkan requirement pasien. Gue gak tahu apakah teman-teman co ass gigi lain merasakan hal yang sama kayak gue.

Setelah gue telusuri dan baru tahu juga sekarang, ternyata gue mengalami mental illness waktu itu. Mental illnes atau penyakit mental itu merupakan kondisi kesehatan mental yang melibatkan perubahan emosi, pemikiran, perilaku, atau kombinasi dari ketiganya. Penyakit mental sering dikaitkan dengan gejala depresi yang dialami oleh penderitanya. Yah kurang lebih pengertiannya begitu. Google aja kalau mau lebih dalam arti dari mental illness. Gue juga baru sadar kalau gue pernah mengalami penyakit mental itu dari bulan februari - april 2015. Pokoknya bawaannya gue sedih, murung, stres, bahagia, nangis lagi, depresi, and repeat selama 3 bulan. Cara gue akhirnya bisa survive dari mental illnes yaitu perlahan gue memperbaiki mood dan gue mencoba mengatur pola pikiran se-positif mungkin. Susah-susah gampang, tapi akhirnya gue berhasil menghilangkan penyakit itu sekarang karena dukungan keluarga. Terlebih orang tua, bahkan adik gue yang secuek itu dia bisa memberikan motivasi ke gue. And Ashar too.

Foto hari pertama masuk co ass. Mata gue harus sembap gitu tiap datang RSGM selama beberapa hari

Harus benar-benar senyum ikhlas. Padahal jiwa gue parah banget

Ini foto hari kelima masuk co ass


***

Jadi, tugas mahasiswa co ass gigi itu pastinya harus nyari pasien sebagai syarat menjadi dokter gigi. Banyak yang bertanya,
Q: "kenapa sih co ass gigi itu harus nyari pasien?"
A: "karena masyarakat yang sakit atau ada keluhan mengenai gigi itu sedikit bahkan jarang. Jadi harus dicari biar dapat kasus yang ditentukan. Bila perlu ada yang pasiennya dibayar biar giginya mau dirawat. Itulah kenapa co ass gigi terkenal dengan membayar pasien daripada dibayar".

Tapi gak semuanya co ass yang bayar yah. Tergantung itu pasien yang dicari sendiri oleh co ass, pasien umum (pasien bayar sendiri), dan pasien yang tahu diri haha.
Sebagai pengalaman, nyari pasien itu susah-susah gampang. Apalagi berada di kota yang terbilang masih baru untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Harus benar-benar tahu lingkungan dan cara bersosialisasi yang benar supaya calon pasien mau giginya dirawat. Suatu hari, gue sampai jalan dari Jumbo Swalayan --> Pelabuhan --> Pasar 45 --> melewati kampung cina --> balik RSGM (jalan kaki loh) untuk sekedar mencari kasus pasien yang ditentukan. Sampai akhirnya saluran kemih gue kambuh untuk pertama kali. Well, sebelum masuk co ass gue pernah periksa lab dan dinyatakan mengalami gejala ISK. Google aja ISK itu apa haha. Untuk cerita mengenai cara gue mendapatkan pasien nanti bakal gue tulis di blog selanjutnya yah.

Selain mencari pasien, tentu mahasiswa co ass itu dituntut untuk punya "banyak uang". Kenapa? Yah itu, karena untuk bayar pasien, alat-alat diagnostik, serta bahan-bahan yang dipakai selama perawatan pasien. Budget nya bisa berapa sih? Pasti ada yang nanya kayak gitu kan? Nah ini menarik, karena untuk melakukan sesuatu itu memang butuh uang hahaha. Oke, untuk penjelasan mengenai budget akan gue skip dulu di cerita ini. Nanti bakal gue jelasin dan paparkan di judul selanjutnya bersama requirement yang ditentukan oleh RSGM. Soalnya mengenai uang bakal panjang banget karena butuh hitungan dan gue belum rekap semua sih hahaha.

Sebulan, dua bulan terlewati, gak kerasa udah terbiasa dengan kehidupan co ass. Walaupun masih frustasi juga memikirkan pasien. Karena harus menyesuaikan waktu janjian dengan pasien untuk dilakukan perawatan, belum juga kalau instruktur gak sempat datang ke RSGM, pasien anak yang harus dijemput di sekolah, co ass yang kere, eh tau-taunya ada hari libur juga. Jadi banyak beberapa faktor yang mempengaruhi lamanya masa studi co ass gigi. Salah satunya malas yang melanda. Ini faktor yang paling berat. Pernah gak sih kalian merasa penat melakukan aktivitas yang itu-itu aja tanpa istirahat atau liburan? Nah, gue pernah banget mengalami hal ini. Biasa kalau gue udah malas, gue bisa gak kerja pasien seminggu karena penat banget dengan kegiatan yang itu-itu aja dan juga stres dengan pasien. Tunjuk tangan buat co ass yang pernah kayak gini? Pernah lah. Seorang yang jenius pun bakal punya rasa penat, apalagi kita yang hanya butiran debu. Hmmmmm.

Terus, kalau udah dapat pasien gimana? Apakah si pasien itu sudah bisa dilakukan perawatan? Eits, tunggu dulu. Kasus yang dikerjakan itu hanya kasus yang telah ditentukan dari kurikulum. Contohnya seperti "gak semua gigi yang berlubang itu harus dicabut. Kalau masih bisa memungkinkan yah dirawat saluran akar dulu". Jadi setiap dapat pasien, kemudian di indikasi (dilihatin dulu ke instruktur) apakah giginya bisa dirawat atau tidak. Kalau pun bisa, yah dirawat, sebaliknya kalau gak memenuhi syarat yah diganti. Se simple itu. Tapi gak buat co ass huhuhu. Kalau dihitung, entah berapa kali gue ganti pasien. Sudah buang-buang uang, ujung-ujungnya pasien gak balik. Susah dihubungi, ditelfon gak diangkat, sms gak dibalas. Seandainya waktu itu gue sempat screenshot bukti sms dan telfon gue yang gak direspon, mungkin kalian yang baca bakal gak nyangka. Pasien emang se-php itu. Kezel gue jadinya mengingat kejadian itu. Next!

***

Menjalani co ass itu berat kalau cuma sendiri. Kalau kata Dilan sih, biar dia aja, itu berat. Emang berat. Dilan pun gue rasa gak sanggup. Karena hidupnya berantem mulu ckck.
Jadi, selama co ass, gue bingung menentukan jati diri. Gue bingung harus bergaul sama siapa yang bisa membantu kelangsungan co ass ini. Gue mencari-cari teman yang bisa nyambung, bisa sama-sama belajar, bisa saling membantu dalam hal pasien. Waktu itu posisi sahabat gue, Ratih masih cuti melahirkan. Gak ada yang bisa bareng dalam hal apapun. Ada sih beberapa, tapi kayak it's not them gitu loh haha. Makanya, bergaul itu penting haha. But, i'm introvert you know. Kalau gue asik ngomong sama orang itu, berarti gue punya ZING (artinya mempunyai kecocokan menurut Drac di film Hotel Transylvania haha) dengan mereka. Nah, pada akhirnya Tuhan memberikan pencerahan lewat sahabat yang bisa membantu dalam segala hal. Everything.

Cowo yang di tengah itu siapa yah? Kok lupa haha. Ini foto juga masih semester pertama. Lupa kalau bulan ke berapa

Ini juga masih semester pertama

Gak nyangka, akhirnya setelah 3 tahun terlewati. Alhamdulillah, hari ini terakhir kali gue kerja pasien di RSGM. Ditutup dengan kontrol kasus Bridge.
*Bridge itu ialah perawatan gigi tiruan jembatan. Google aja yah.

Banyak banget cerita sedih dan bahagia selama co ass. Banyak banget pengalaman yang gue dapat. Selain lebih meningkatkan skill untuk modal sebagai dokter gigi, secara gak langsung juga diajari bagaimana bersosialisasi dengan masyarakat (seperti harus mencari sekaligus membujuk pasien di kampung-kampung). Apalagi kalau calon pasien seorang preman, sosialita, angkuh, dll. Banyak laaah tipe-tipe sifat manusia.

Pada intinya co ass mengajarkan gue untuk bersifat sabar, bermental baja, rasa berterima kasih yang tinggi kepada orang lain, saling membantu dan menghargai. Bukan hanya sekedar pengetahuan yang kita dapat, tapi bagaimana cara bersikap kepada sesama manusia.

Selama co ass, kita bakal tahu mana teman yang benar-benar membantu disaat kita sedang kesulitan. Entah kesulitan dalam hal materi maupun pasien. Kita bakal tahu, mana teman yang benar-benar merangkul kita untuk sama-sama maju, bukan untuk menjatuhkan atau "ingin menang sendiri". Ayo, siapa yang pernah mengalami hal ini? Hahaha. Curhat nih yee.

Gue pernah berada dalam posisi ini. Dengan bodohnya gue selalu mengandalkan untuk "menunggu" biar bisa sama-sama. Padahal takdir manusia kan beda. Bisa saja gue menunggu, lalu yang ditunggu sudah sampai garis finish. Kecewa gak? Padahal belum tentu seseorang yang kita tunggu berpikiran sama kayak kita. Sebagai pelajaran aja, buat yang baru mau masuk co ass, atau sudah terlanjur basah dalam kejadian ini (hahaha), ayo rubah mindset kamu. Lakukan jika kau mampu sendiri. Gak usah nungguin mereka, entah untuk hal kerja pasien maupun diskusi kasus bersama instruktur. Selamatkan dirimu dulu, baru selamatkan orang lain. Itu motto baru gue setelah gue mengalamai kejadian buruk itu haha. Kan intinya tetap membantu kan? bleeeee. Bukan balas dendam yaah hahaha.

Ini foto semester 4 kalau gak salah. Lagi duduk nunggu pasien

Ini foto tahun kemarin waktu bulan puasa. Ingat banget ini habis kerja pasien, buka puasa, terus siap-siap mau pulang. Waktu itu sekitar jam setengah 7 kalau gak salah ingat. Muka kiteee kusam abis

Pelajaran yang bisa gue dapat ialah alhamdulillah gue bisa melewati jalan hidup yang gue pilih sendiri. Gue bisa memecahkan masalah demi masalah dengan lebih dewasa dari pilihan gue sendiri. Terlebih gue bisa menghilangkan mental illnes yang sempat menyerang ke gue. Menyesal? Awalnya iya. Tapi balik lagi, gue telah memilih jalan hidup ini. Dan kenapa hanya setengah perjalanan jika kita sudah memutuskan dengan pilihan itu? Cobaan yang Tuhan beri itu gue jadikan sebagai motivasi dan self reminder untuk melakukan hal yang benar ke depannya.
Co ass bukan hanya sekedar kalimat "gue males nyari pasien" tapi "masa depan gue ditentukan dari co ass".

And I hope, common people will understand why dentist are expensive.