Kamis, 19 Desember 2013

TwentyTwo










Ulang tahunnya udah lewat banget yah. Tanggal 06 Desember 2013. Aku genap berusia 22 tahun.
Baru bisa diposting sekarang foto-fotonya. Ini saja ga semuanya, mewakili aja.
:)

Minggu, 01 Desember 2013

Bulan Kesehatan Gigi Nasional

Malam ini, setelah mengumpulkan puing-puing semangat yang sempat jatuh, akhirnya dengan tekad yang kuat gue kembali di sini dan berbagi pengalaman cerita yang gue lewati beberapa minggu kemarin. Tepatnya bulan November kemarin. Sebenarnya rencana penulisan topik ini sudah direncanakan dari awal bulan lalu, tapi karena yah itu tadi, semangat gue masih belum stabil waktu itu. Cerita yang bakal gue posting pasti teman-teman yang sering liat timeline twitter, path, instagram, dan lebih parahnya di BlackBerry Messenger udah bisa menebak sendiri tentang apakah cerita yang bakal gue tulis malam ini. Yah, betul sekali, mengenai "BULAN KESEHATAN GIGI NASIONAL".

Kegiatan nasional yang dilaksanakan di beberapa wilayah di Indonesia ini tentu sudah banyak mengundang perhatian masyarakat, terlebih masyarakat yang belum tahu dan masih lalai tentang kesehatan gigi dan mulut mereka. Dengan dilaksanakan kegiatan ini, tentunya target kita mengundang masyarakat dan memberi pengetahuan lebih dalam tentang kesehatan gigi dan mulut. Ternyata masih banyak masyarakat yang menganggap sepele tentang kesehatan gigi dan mulut mereka. Padahal efek dari menyepelekan hal itu akan mengundang dampak yang fatal bagi kesehatan gigi mereka sendiri.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), AFDOKGI, PT. Unilever, dan Pepsodent akhirnya masih memberikan kesempatan bagi Program Studi Kedokteran Gigi UNSRAT untuk melaksanakan kegiatan ini di Manado, tepatnya tanggal 06-08 November 2013 yang bertempat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan. Kegiatan Bakti Sosial ini memberikan empat perawatan secara gratis, yaitu:
1. 1 Penambalan sederhana
2. 1 Pencabutan tanpa komplikasi
3. Pembersihan karang gigi
4. Fissure Sealent
Jumlah pasien yang datang pun akhirnya mencapai target 2000 yaitu 2021 pasien.

Dengan kerja keras selama pra-kegiatan akhirnya memberikan hasil yang luar biasa bagi kami, panitia. Walaupun hari pertama kegiatan kami memiliki beberapa kekurangan, mulai dari distribusi pasien dari meja pendaftaran ke meja screening masih banyak menuai protes bagi pasien yang datang karena kelamaan menunggu untuk dilakukan perawatan, tapi alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan tidak ada gangguan yang tidak diinginkan untuk menghancurkan kegiatan tersebut.

Kami panitia dibagi untuk melaksanakan tugas yang sudah diberikan sebelumnya. Gue dan Aurora diberikan tugas untuk stay di meja screening. Tugasnya, memanggil nama-nama pasien masuk ke ruang screening untuk diperiksa dan kemudian akan dilakukan perawatan tergantung dari keadaan gigi si pasien.

Hari pertama kegiatan BKGN 2013 dihadiri oleh Wakil Walikota Kota Manado, Bpk. Harley Alfredo Benfica Mangindaan, SE, MSM.


Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan, drg. Dinar Wicaksono, Sp.KG. Disamping kanannya drg. Juliatri bersama Mahasiswa Co-ass.

Ketua PDGI Cab. Manado, drg. Vonny M. S. Wowor, M.Kes. Yang sedang diwawancarai oleh salah satu stasiun TV.

Ketua Panitia BKGN 2013, drg. Megawati Cornelesz, M.Kes. Pada saat pembukaan kegiatan BKGN.
  
Panitia TIMBA (Tim Baksos) angkatan 2010 plus Ketua TIMBA, drg. Imannuel.

Finalis Duta BKGN 2013

Para masyarakat yang meluangkan waktunya berkunjung ke RSGM untuk melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulut. Mereka sedang menyikat gigi massal sebelum masuk ke ruang screening.

Bersama Eka Yuliastuti di meja pendaftaran. Itu yang ketiduran di belakang kayaknya udah capek banget. Zzzzz

Bersama Aurora di meja screening. Di sinilah tempat gue bekerja, lol.

Selain bertugas sebagai "pemanggil nama pasien", gue juga ditugaskan sebagai Photographer selingan.

Detik-detik berakhirnya kegiatan. Para pasien yang datang melapor dan mengadu bahwa namanya belum dipanggil-panggil. Udah capek malah diomelin pasien juga, wkwk.

Suasana di dalam RSGM lantai 3. drg. Paulina Gunawan, M.Kes, Sp.KGA yang turun langsung memberikan pelayanan kepada anak-anak SD yang datang sebagai tamu undangan.

Ini teman-teman seangkatan gue. Dari sebelah kiri ada Yuvri (Abang), Rezha (Si Gendut yang di belakang), Patar, (si Anak Medan), Ryan (si mulut manyun). Woy, kerja wooyy :p

Para masyarakat yang datang ke RSGM. Kebetulan yang foto ini gue. Yang ngadep kamera ini kakak tingkat yang se-kosan sama gue, haks. Kak Indah (jilbab merah) sama Kak Lusi (jilbab kuning).

Pasien terakhir (baca: Napsia <jilbab kuning>) haha :p Dari sebelah kiri ada Amir, Eka, gue.

Para kakak-kakak panitia angkatan 2005 yang barusan udah dilantik sebagai "dokter gigi" :') Kayaknya belum siap foto nih, hihi.


Udah malem. Persiapan penutupan kegiatan. Dan kita masih berleha-leha di ruang apotik. Dari sebelah kiri ada Abang, Eka, Patar, Vera, Monic, Aurora, David, gue, Igung.

Malam penutupan BKGN 2013. Foto bareng drg. Vonny :')

Senyum Sehat Senyum Indonesia.
Sekian.
 

Pipi Merah Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates