Cara Menyikat Gigi

By Pipi Merah - Maret 16, 2012

Hai teman-teman. Kali ini aku bakal ngasih tips lagi nih mengenai cara menyikat gigi yang baik dan benar. Mungkin diantara teman-teman sekalian ada yang masih bingung dengan cara menyikat gigi yah? Entah bingung cara menyikatnya atau bingung cara megang sikatnya. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam menyikat gigi.

1. Bersihkan permukaan gigi bagian luar yang menghadap ke bibir dan pipi. Mulai pada rahang atas terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan yang rahang bawah. Apabila kamu merasa kurang nyaman atau gak biasa dengan gerakan horisontal, kamu bisa menggantinya dengan gerakan kecil melingkar. Lakukan sebanyak 10-20 kali gosokan baru berpindah ke gigi sebelahnya. Seperti pada gambar dibawah ini:


2. Bersihkan seluruh permukaan kunyah gigi pada lengkung gigi sebelah kanan dan kiri dengan gerakan maju mundur sebanyak 10-20 kali gosokan. Lakukan di rahang atas terlebih dahulu kemudian di rahang bawah. Bulu sikat diletakkan tegak lurus menghadap permukaan gigi.


3. Bersihkan permukaan dalam gigi yang menghadap ke lidah dan langit-langit dengan menggunakan teknik modifikasi Bass untuk lengkung gigi sebelah kanan dan kiri. Untuk lengkung gigi bagian depan bisa kamu bersihkan dengan cara memegang sikat gigi secara vertikal menghadap ke depan. Lalu gunakan ujung sikat dengan gerakan menarik dari gusi ke arah mahkota gigi. Lakukan pada rahang atas terlebih dahulu kemudian rahang bawah. Seperti di bawah ini:


4. Terakhir, sikat pula lidah kamu untuk membersihkan bakteri yang berada di permukaan lidah. Permukaan lidah yang kasar dan berpapil membuat bakteri mudah menempel di sana. Selain dengan sikat gigi, kamu juga bisa membersihkan lidah kamu dengan sikat lidah. Kalo lidah kamu udah bersih tentunya nafas kamu pun akan lebih segar.


Nah, bisa dimengerti kan? Bisa dong!
Ayo, praktekkan segera.

Senyum Indonesia, Senyum Gigi Sehat


  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. :) gigi sehat gigi kuat :)

    BalasHapus
  2. wah ternyata gosok gigi saya msh banyak yg kurang, eh tapi yg untuk kunyah gigi sikatnya unk ya ada tiga sikat.., beli dimana itu Rizka?
    kalo cairan untuk kumur kira2 perlu apa gak ya?

    coba dipraktekin ah...

    BalasHapus
  3. @kak insan: gak juga yang harus 3 sikat sekaligus kak, 1 cukup kok. asal gerakannya yang benar.

    kalo untuk kumur gigi juga perlu tapi tidak dianjurkan digunakan tiap hari. minimal 1 kali seminggu kak. :)

    BalasHapus
  4. ada info cara menyikat gigi yg baik disini, gak usah nanya kedokter gigi lagi dech... ada dokter sih disini...ternyata lidah perlu disikat juga ya mbak dengan sikat lidah... baru tau nih saya..salam kenal ya mbak

    BalasHapus
  5. sebenarnya menyikat gigi itu mudah, jika kita tlaten. sayangnya aku tidak. :( ribat. makanya aku hanya sikat gigi dengan cara yang tidak ada dalam panduan :D

    BalasHapus
  6. @JID: jangan lupa sikat lidahnya yah. salam kenal juga.

    @ari: karena udah baca panduannya, maka ikutilah caranya. selamat mencoba :)

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum, alhamdulillah sudah sesuai dengan petunjuk. Mba, gimana cara mengatasi gusi yang sering berdarah ketika menggosok gigi?

    BalasHapus
  8. bu dokter gimana cara ngebeneriin gigi yg udah keropos?

    BalasHapus
  9. @ichsan: wa'alykmsalam. kalo gusinya sering berdarah ketika menggosok gigi berarti adanya plak yang menempel pada permukaan gigi.
    gunakan bulu sikat yang soft dan tidak kaku.

    @RBI: rajin menyikat gigi, setidaknya 2 kali sehari. setelah menyikat gigi, berkumurlah dengan cairan pembersih gigi agar kuman yang tersembunyi dapat dikikis dan hilang dari sela-sela gigi yang sulit di jangkau oleh berus gigi. konsumsi makanan berserat tinggi terutama buah. buah yang memiliki serat tinggi dapat meminimalkan pengeroposan gigi. jangan selalu menggunakan tusuk gigi setelah selesai makan. tusuk gigi yang digunakan terlalu sering malah akan merusak gigi.

    @Erlangga: ^-^

    BalasHapus