Jumat, 17 Februari 2012

Tips Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Selaku mahasiswa yang masih duduk di bangku perkuliahan semester 4 bidang Kedokteran Gigi, gue pengen berbagi tips tentang, bagaimana sih ciri-ciri kesehatan gigi dan mulut itu?
Buat kalian yang masih rancu dan belum paham betul tentang kesehatan gigi dan mulut anda sendiri, baca ini dan rasakan sensasinya.

Ciri-ciri gigi sehat:
1. Tidak terasa adanya radang gusi dan karies gigi
2. Saat mengunyah tidak terasa nyeri
3. Tidak goyang
4. Tidak terdapat plak
5. Warna gigi putih kekuningan
6. Tidak terdapat karang
7. Mahkota gigi utuh.

Dengan membaca ciri-ciri di atas, apakah gigi kalian seperti itu? Kalau ada salah satu yang bermasalah, segera kunjungi dokter gigi terdekat, biar masalah gigi anda segera dilakukan rehabilitatif oleh dokter gigi tersebut.

Ada juga tips lain, yaitu tentang langkah-langkah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda agar nampak sehat dan lebih percaya diri.
1. Makan sayur dan buah
2. Hindari terlalu banyak makanan manis dan mudah melekat
3. Sikat gigi setiap selesai makan dengan sikat yang sesuai dengan bantuk rahang
4. Sikat gigi minimal 2 kali sehari. Pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur
5. Agar napas jadi segar, jangan lupa untuk menyikat lidah dengan lembut
6. Jika perlu, gunakan benang gigi atau floosh untuk membersihkan daerah di sekitar gigi dan daerah yang sukar dijangkau sikat gigi
7. Kunjungilah dokter gigi secara teratur, minimal 6 bulan sekali
8. Bila susunan gigi tidak teratur dan sangat mengganggu penampilan, lakukan prosedur perawatan perataan gigi (orthodontic).

Nah, apakah gigi kalian sudah sehat? Kalau anda merasa tips diatas membantu bagaimana cara menjaga agar kebersihan gigi dan mulut tetap terjaga, ayo jangan sungkan-sungkan untuk mengikutinya.

Yang gue tulis barusan adalah hasil pembelajaran yang gue presentasikan di depan kelas bersama teman-teman sekelompok. Semoga bisa berguna bagi teman-teman yang membacanya.

Kalau ada yang kurang jelas, gue kasih izin kok buat nanya. Terima kasih.

Salam, GIGI SEHAT

3 komentar:

Insan Robbani mengatakan...

wedew, lebih baik sakit hati daripada sakit gigi,... bener gak ya.??

kasih referensi dong pasta gigi yg baik untuk gigi...?

Rizka Herlina mengatakan...

kalo orang yang gak pernah sakit hati pasti bilangnya lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. ihihihi

gunakan pasta gigi yang berfluoride ajah kak :)

cumil mengatakan...

assalamu'alaikum,kakbeberapa hari ni gusiq ada yg trinveksi jg smpt sriawan jg,stlh mnum antibiotik dr dktr ko ldh trsa gtal n gusi trsa bengkak kira2 itu knp ya?

Posting Komentar

 

Pipi Merah Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates