Sabtu, 07 April 2012

Praktek Belajar Lapangan Hari Ke-2

Bangun pagi, sarapan. Jadwal hari ini mengunjungi Puskesmas yang berada di Desa Mubune untuk mengambil data. Rencana awal yang sebenarnya harus ke kantor Kecamatan, harus tertunda karena kantornya yang masih tutup.
(Masih menyempatkan waktu buat foto dulu)




Lanjut. Dari Puskesmas kita menuju kantor Hukum Tua atau Kepala Desa yang berada di Desa Munte. Syukurlah Hukum Tua-nya seorang yang beragama muslim. Karena kecamatan ini lebih mayoritasnya non muslim. Kita memulai kegiatan hari ini. Kita diperintahkan untuk survei kesehatan gigi dan mulut di jaga 5 dan 6 yang masing-masing berjumlah 5 rumah. Siang itu, kita berkeliling memasuki rumah-rumah warga untuk mendata seputar kesehatan gigi dan mulut. Tanya jawab, mengisi kuisioner, pemeriksaan OHI-S dan DMF-T. Kita dibagi menjadi 2 kelompok untuk berpencar memasuki rumah warga agar semua berjalan cepat. Gue di kelompok yang satunya sebagai si seksi tanya jawab mengisi kuisioner. Berbincang-bincang dengan si tuan rumah yang memiliki sikap berbeda-beda. Ada yang jutek, ada yang cerewet, ada yang ditanya itu aja yang dijawab.

Capeknya sangat berasa. Apalagi seharian dijalan dengan sinaran terik matahari. Makan siang dijama' di waktu sore pada pukul 16.00 pm di rumah Hukum Tua Desa Munte.
Setelah makan sore, kami kembali ke desa yang kami tempati yaitu Desa Serei. Karena masih mempunyai waktu walaupun tinggal beberapa jam, kami masih melanjutkan survei di Desa Serei untuk menyicil kegiatan kami. Aktivitas yang kami kerjakan mulai dari pukul 11.00 am - 06.30 pm.

Malamnya, kami makan malam, lanjut lagi dengan breafing, setelah itu istirahat untuk melanjutkan tugas keesokan harinya.

Cat:
Tulisan ini saya tulis semenjak masih mengikuti kegiatan PBL, sewaktu sebelum tidur.

4 komentar:

Insan Robbani mengatakan...

wah konsekwensi calon dokter hrs begitu ya dik.., berkunjung ke desa2, blm lagi kalo sdh jd dokter jg ditempatin di daerah dulu..

yang sabar ya...

btw interior blognya baru ya..., wuih kereen, boleh dong diajarin bikinnya...

Rizka Herlina mengatakan...

iya kak. ngejalaninya emang berat, tapi semua tergantung niat sih, hhaa.

iya, soalnya aku gak suka sama tampilan yang monoton, makanya aku suka ganti-ganti.
iya boleh tak ajarin kak. gampang kok :)

rathy li,balo mengatakan...

mantap - mantap...

Rizka Herlina mengatakan...

@rathy: sipp :D

Posting Komentar

 

Pipi Merah Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates